5 Cara Menyimpan Tas Gunung Agar Tidak Mudah Rusak

5 Cara Menyimpan Tas Gunung Agar Tidak Mudah Rusak

Memiliki tas gunung adalah kewajiban sebelum Anda pergi hiking. Tas yang kokoh dan bisa memuat banyak barang sangat diperlukan. Anda bisa membawa tenda, tongkat trekking pole, dan berbagai kebutuhan saat akan naik gunung di tas itu. Bagaimana cara Anda menyimpan tas tersebut? Ini dia beberapa cara menyimpan tas carrier yang benar.

1.  Simpan saat Benar-benar  Kering 

Apakah Anda yakin bahwa tas carrier sudah kering setelah dicuci dan dijemur? Jangan simpan tas yang kondisinya masih setengah kering, karena akan menyebabkan jamur. Setelah tas dijemur, periksa seluruh bagian dengan teliti. Apakah ada yang masih belum kering? Jika iya, lap dengan tisu atau jemur lagi keesokan harinya, baru Anda simpan tas tersebut.

2. Masukkan di Dalam Kantong Plastik

Tas carrier yang tidak digunakan akan mudah kena debu. Untuk menghindarinya, simpan tas di dalam kantong plastik ukuran besar. Anda bisa menutup rapat plastik itu agar tidak ada cairan atau debu yang mengotorinya. Jika tidak ada kantong plastik, gunakan saja koran bekas yang disambung dengan isolasi untuk menutupi tas carrier.

3. Letakkan di Dalam Lemari

Masukkan tas yang sudah terbungkus kantong plastik ke dalam lemari, agar lebih aman. Tas bisa diletakkan ke bagian lemari tempat Anda menggantung baju. Geser sedikit baju-baju tersebut. Jangan gulung tas untuk hiking tersebut walau ukurannya sangat besar. Letakkan tas carrier dalam keadaan vertikal, jadi bentuknya tidak akan berubah.

4. Pakai Kapur Barus

Kelembaban adalah musuh bagi tas carrier karena bisa menyebabkan jamur. Untuk menyerap kelembaban, masukkan 3 atau 4 buah kapur barus ke dalam tas gunung milik Anda. Masukkan juga kapur barus di dalam lemari tempat menyimpan tas carrier tersebut. Tas akan bebas dari kelembaban dan jamur.

5. Jangan Ditumpuk

Jika sudah tersimpan aman dalam lemari, jangan tumpuk tas carrier dengan buku atau tas lain. Tas bisa lekas rusak karena beratnya beban yang menumpuk. Tas carrier harus tersimpan dalam keadaan tegak, tanpa ada yang membebaninya. Anda tak boleh menaruh benda apapun di atas tas carrier walau hanya sebuah boneka.

4. Jangan Digantung

Apa Anda menggantung tas carrier di gantungan baju? Jangan ulangi lagi, karena dikhawatirkan tas akan lekas rusak. Jika tas digantung lalu tak sengaja ditarik, maka bagian atas tas bisa putus. Tarikan juga bisa merusak mulusnya kain tas hiking Anda. Sebaiknya, letakkan tas dengan aman di dalam lemari.

5. Letakkan di Atas Lemari

Tas carrier juga bisa diletakkan di atas lemari, jika tidak ada tempat yang tersisa untuk menyimpan tas, pada bagian dalam lemari. Letakkan tas yang sudah diselubungi kantong plastik dalam posisi berdiri. Tujuannya agar bentuk tas carrier tetap tegak dan tidak mudah rusak.

Jika Anda punya keponakan atau anak, meletakkan tas di atas lemari juga wajib dilakukan. Anak kecil yang suka melihat hal baru, bisa memainkan bagian-bagian tas, jika Anda teledor saat menyimpannya di lantai begitu saja. Mereka bisa saja masuk ke dalam tas, lalu sembunyi dan mengalami sesak nafas. Keisengan itu  membahayakan hidup mereka sendiri.



Saat menyimpan tas gunung, Anda butuh tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak kecil. Jika masih takut untuk menyimpan tas carrier di atas lemari, masukkan saja dalam lemari dan dikunci. Jangan taruh benda apapun di atas tas itu, karena bisa mengubah bentuknya. Selamat menyimpan tas carrier dan semoga awet dipakai sampai bertahun-tahun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Menyimpan Tas Gunung Agar Tidak Mudah Rusak"

Posting Komentar