Kurang Tidur, Baiknya Olahraga Atau Tidak?

Kurang Tidur, Baiknya Olahraga Atau Tidak?

Memiliki tubuh yang sehat, faktanya tidak cukup hanya dengan makan secara teratur tetapi juga harus melakukan olahraga rutin. Permasalahan yang muncul adalah pola tidur yang kadang tidak teratur yang membuat badan tidak memperoleh istirahat yang berkualitas. Kebiasaan olahraga setiap hari memang baik, namun jika kurang tidur, apa yang harus kamu lakukan? Tetap tidur atau melakukan olahraga yang rutin dilakukan?

Kalau kamu mendapatkan tidur yang cukup, maka olahraga bisa membuat badan kamu semakin bugar dan fit. Namun sebaliknya jika tidak memperoleh tidur yang cukup, yaitu kurang dari 7 jam, olahraga justru akan memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan dan menimbulkan beberapa penyakit yang cukup berbahaya.

Bahaya Melakukan Olahraga Saat Kekurangan Waktu Untuk Tidur

Kurang tidur menyebabkan detak jantung berpacu dengan cepat sehingga kondisi organ tersebut semakin lemah. Karena itu banyak kasus olahragawan terserang penyakit jantung karena kondisi fisiknya yang tidak mumpuni untuk diajak olahraga. Itulah sebabnya jika waktu tidurmu berkurang, sebaiknya lanjutkan istirahatmu dan jangan memaksakan diri untuk berolahraga. Tidur dengan porsi yang cukup dapat membuat kondisi badan tetap terjaga dan tidak mudah terkena penyakit.

Intinya, olahraga setelah kurang tidur sangat tidak dianjurkan. Sebab, ada bahaya olahraga kurang tidur yang perlu kamu ketahui, yaitu menurunnya kekebalan tubuh. Jika imunitas menurun, maka segala macam masalah kesehatan gampang menyerang. Tidak hanya serangan jantung, stroke pun bisa kamu derita. Jika sudah terjangkit penyakit tersebut, mau tidak mau kamu harus mengubah pola hidup agar mendapatkan istirahat yang cukup.

Kondisi yang dialami oleh seseorang yang tidak mendapatkan tidur yang cukup sangat beragam. Ada yang langsung lemah namun ada juga yang masih sehat. Itu semua bergantung pada kondisi fisiknya. Istirahat yang tidak berkualitas jika dibiarkan terus bisa menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu, jika badan terasa tidak enak, segera ketahui penyebabnya. Bila diakibatkan oleh kualitas tidur yang tidak baik, maka solusinya adalah mengurangi aktivitas agar bisa beristirahat dengan tenang.

Jantung menjadi salah satu organ tubuh yang akan mengalami masalah jika kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup. Kesibukan yang meningkat menyebabkan banyak orang kehilangan waktu tidur. Hal ini menjadi permasalahan yang sering ditemui. Tak jarang pula banyak yang mencuri waktu tidur hanya beberapa menit saja agar tubuh bisa rileks kembali. Tidur dalam jangka waktu kurang dari 7 jam, faktanya membuat kerja jantung menjadi berat. Lambat laun kondisinya akan melemah dan gampang terkena serangan. Akibat yang paling fatal tentu menyebabkan kematian.

Solusi Olahraga Bagi Yang Waktu Tidurnya Berkurang

Berkurangnya waktu untuk tidur salah satu penyebabnya adalah kesibukan yang menumpuk. Lantas, apakah harus meninggalkan olahraga agar bisa memperoleh tidur yang maksimal?. Jawaban untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menjadwal ulang olahraga. Jika biasanya kamu lakukan saat pagi hari, tidak ada salahnya ganti sore hari. Olahraga di sore hari juga sangat menyehatkan asalkan kondisi matahari tidak terlalu terik. Atau bisa juga dengan mengurangi porsi olahraga perminggunya. Dengan begitu, tidak hanya kualitas tidur saja yang terjaga dengan aman, kondisi badan pun tetap prima.

Olahraga setelah kurang tidur sangat tidak dianjurkan karena bisa membuat jantung menjadi lemah. Selain itu akan muncul berbagai macam masalah kesehatan seperti stroke dan penyakit bahaya lainnya. Solusi agar badan tetap sehat adalah dengan mencukupi waktu tidur dan mengatur jadwal olahraga dengan baik agar tidak mengganggu waktu istirahatmu. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kurang Tidur, Baiknya Olahraga Atau Tidak?"

Posting Komentar