Solusi Kredit Bagi Karyawan yang Berstatus Kontrak

Solusi Kredit Bagi Karyawan yang Berstatus Kontrak
Pengajuan kredit di bank biasanya memerlukan beberapa persyaratan. Persyaratan umum yang biasanya di ajukan adalah pekerjaan. Jika Anda merupakan seorang karyawan, maka Anda bisa termasuk karyawan kontrak ataupun karyawan tetap. Karyawan tetap biasanya dipandang lebih meyakinkan daripada karyawan kontrak dari segi kestabilan ekonominya dan penghasilannya. Karyawan kontrak yang habis masa kontraknya belum tentu masa kerjanya akan diperpanjang. Ketidakpastian ini juga menjadi pertimbangan saat mengajukan kredit ke bank. Bank juga akan mencari debitur yang memiliki kemungkinan kecil untuk mengalami kredit macet atau kesulitan membayar cicilan beserta bunganya, sehingga dari pihak bank tidak akan merasa khawatir. Oleh karena itu, kontrak kerja karyawan dapat berpengaruh terhadap berhasil atau tidaknya pengajuan kredit.

Walaupun Anda masih berstatus sebagai karyawan kontrak, bukan berarti Anda tidak berkesempatan untuk mengajukan kredit. Ada beberapa bank yang menawarkan produk kredit khusus bagi karyawan kontak. Kontrak kerja karyawan bukan suatu masalah besar untuk mengajukan kredit. Salah satu Bank yang menyediakannya adalah BNP KTA General, MIRAI+, KTA Maybank, dan KTA BPR Dana Nusantara. Pertama, BNP KTA General yang dikeluarkan oleh Bank Nusantara Parahyangan atau BNP menyediakan produk kredit bagi para karyawan kontrak tanpa mewajibkan debiturnya memiliki kartu kredit. Syarat yang diajukannya pun tidak memberatkan, salah satunya adalah penghasilan minimal yang dipatok oleh Bank BNP ini adalah Rp3.000.000 per bulan dan persyaratan memiliki kontrak kerja, hanya delapan bulan saja ke depan. Padahal Anda bisa kredit dengan jangka waktu 12-48 bulan. Kedua, MIRAI+ juga merupakan produk dari BNP, bedanya dengan BNP KTA General adalah persyaratan penghasilan minimalnya lebih rendah yaitu Rp1.000.000 saja per bulan saja. Jika persyaratan BNP KTA harus memiliki kontrak 8 bulan ke depan, maka MIRAI+ hanya 7 bulan saja dengan jangka waktu pembayaran 6 bulan. Produk ini tidak hanya diperuntukan untuk karyawan kontrak saja, tetapi juga karyawan tetap. Persyaratan khusus yang diajukan oleh produk ini adalah harus memiliki PTSN kantor. Ketiga, KTA Mayabank, sesuai namanya produk kredit ini dikeluarkan oleh Mayabank. Karyawan kontrak yang mengikuti kredit ini akan diberikan pinjaman hingga Rp150.000.000 dengan jangka waktu pembayaran 3 tahun. Persyaratan gaji minimal yang dipatok adalah Rp2.500.000 per bulan dan karyawan minimal memiliki kontrak masa kerja sampai satu tahun ke depan. Keempat, KTA BPR Dana Nusantara ini merupakan produk yang diperuntukkan untuk karyawan kontrak maupun tetap. Bagi karyawan kontrak, jangka waktu kredit maksimal sesuai dengan kontrak masa kerja yang dimiliki. Sedangkan, untuk karyawan tetap minimal memiliki masa kerja 2 tahun. Persyaratan utama dalam mengikuti kredit ini adalah harus sudah menjadi rekanan Bank BPR.Produk kredit ini ditujukan untuk Anda yang bertempat tinggal di Batam.

Mengingat bahwa kontrak kerja karyawan mempengaruhi pengajuan kredit bank dan memungkinkan juga akan mempengaruhi keadaan ekonomi Anda di masa depan, ada baiknya Anda mengetahui seluk beluk dan tata cara menjadi karyawan tetap perusahaan, sebelum Anda memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Anda harus teliti memilih perusahaan yang akan membesarkan Anda dan aktif mencari informasi dari berbagai sumber mengenai hal ini. Jangan sampai Anda terjebak dalam perusahaan yang akan menyulitkan Anda untuk berkembang. Sebenarnya kontrak kerja sudah tertuang dalam undang-undang dan juga memiliki perjanjian. Perjanjian ada dua jenis, yaitu perjanjian kerja waktu tertentu dan pekerjaan waktu tidak tertentu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solusi Kredit Bagi Karyawan yang Berstatus Kontrak"

Posting Komentar