5 Fasilitas yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Memulai Bisnis Townhouse

5 Fasilitas yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Memulai Bisnis Townhouse

Salah satu bisnis properti yang menguntungkan saat ini adalah bisnis Townhouse, yakni sebuah kompleks hunian yang biasanya berada di tengah kota dan terdiri dari deretan rumah yang dibangun secara teratur dalam jumlah terbatas. Hal ini dipicu oleh permintaan (demand) terhadap hunian (properti residensial) sangat tinggi namun masih belum dapat diimbangi dengan persediaan yang ada sehingga harganya pun melonjak tinggi.
Persediaan tanah yang semakin sempit menjadi salah satu alasan meningkatnya peminat Townhouse. Kelompok yang disasar adalah golongan ekonomi menengah yang biasanya didominasi oleh eksekutif atau entrepreneur muda yang cenderung menginginkan kenyamanan dan kepuasan. Lalu fasilitas seperti apa yang harus dipertimbangkan untuk menciptakan hunian sesuai keinginan mereka? Simak ulasannya berikut ini.

1. Bentuk dan Luas Tanah Bervariasi
Bentuk lahan dan dimensi tanah yang profitable sangat menentukan efektifitas dan dalam melakukan pembagian kavling tiap unitnya. Bentuk lahan kotak lebih efektif daripada bentuk tidak beraturan karena Anda bebas merancang site plan sehingga menghasilkan kavling dengan bentuk ideal. Anda pun dapat meminimalisir harga jual. Harga jual kompetitif memungkinkan bisnis Townhouse Anda sold out dengan cepat.
Luas tanah yang biasa dibangun townhouse cukup bervariasi, karena ada townhouse yang dibangun di atas tanah seluas 1000 m2, 3000 m2, 5000 m2 hingga 10.000 m2. Hunian vertikal yang kini mulai tren memang kadang menjadi salah satu pilihan, tetapi hunian bentuk rumah tapak (landed house) masih menjadi favorit mereka karena biasanya ada teras, halaman, dan kebun.

2. Akses Jalan dan Carport
Akses jalan yang dibutuhkan minimal dapat dilewati oleh satu mobil dan tersedianya garasi atau carport untuk tiap unit rumah. Sebagian besar pembeli townhouse telah memiliki minimal satu mobil sehingga keberadaan carport ini sangat penting bagi mereka untuk memperoleh kenyamanan dan kepuasan. Mereka juga cenderung menyukai hunian yang strategis, terutama dekat dengan tempat mereka bekerja.

3. Gerbang Masuk dan Keluar (One Gate System)
Hanya ada satu gerbang (one gate system) yang berfungsi ganda sebagai tempat masuk dan keluar. Gerbang ini dilengkapi dengan pos satpam kompleks Townhouse, dekat pintu gerbang untuk menjamin keamanan penghuninya. Selain keeksklusifitasan hunian, faktor keamanan inilah yang sangat dibutuhkan oleh penghuni Townhouse.

4. Tipe Bangunan Vertikal
Tipe bangunan umumnya vertikal dua sampai tiga lantai. Harga tanah yang meroket membuat setiap unit townhouse didesain dengan luas tanah lebih kecil. Hal ini merupakan alternatif untuk meminimalisisr budget bisnis properti Anda. Manfaatkan dengan baik tentang peraturan daerah setempat yang membolehkan membangun rumah sampai 3 lapis ini.

5. Ruang Terbuka Hijau dan Fasilitas Olah Raga
Kedua fasilitas ini cenderung membuat konsumen tertarik. Ruang terbuka hijau (RTH) mampu memberikan kesan hijau, alami, dan ramah lingkungan. Hal ini dapat dijadikan selling point untuk Townhouse karena mereka dapat memanfaatkannya untuk bersosialisasi dengan tetangga (selain digunakan untuk beristirahat atau sekedar menghirup udara segar di pagi atau sore hari).
Fasilitas olah raga pun tidak wajib disediakan karena hanya ditujukan untuk menarik konsumen. Tersedianya fasilitas ini tergantung pada luas area dan jumlah unit Townhouse. Untuk Townhouse di bawah 10 unit, cukup sediakan lapangan tenis meja atau berupa club house dan sekedar jogging track yang di sekeliling Townhouse. 

Lima fasilitas pendukung bisnis Townhouse tersebut harus Anda pertimbangkan dengan matang. Termasuk pasar yang dibidik, seperti masyarakat kalangan menengah ke bawah (dengan penghasilan < 10 juta rupiah perbulan) hingga orang asing. Mengingat PP Nomor 103 Tahun 2015 memperbolehkan orang asing (dengan syarat tertentu) memiliki properti/rumah di Indonesia sampai 80 tahun, maka pasar Townhouse pun semakin luas.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Fasilitas yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Memulai Bisnis Townhouse"

Posting Komentar